Resetter Epson L3110

Resetter Epson L3110 – Epson merupakan salah satu perusahaan besar yang memproduksi beragam jenis alat percetakan, salah satu yang paling terkenal yaitu printer.

Dengan nama besarnya tentu pangsa pasar di Indonesia sudah sangat besar dan dari segi kualitas sudah tidak perlu ditanyakan lagi.

Namunhal tersebut bukanlah penjamin bahwasannya printer epson tidak akan rusak dan tidak akan mengalami error, sebab banyak sekali pengguna yang mengeluhkan beberapa error yang sama.

Sehingga membutuhkan penanganan yang sedikit lebih merepotkan dengan cara menggunakan resetter printer L3110 misalnya. Tetapi apa sih arti dari resetter itu sendiri?

Apa itu Resetter Printer

Resetter printer adalah salah satu cara untuk mereset printer yang mengalami error, biasanya error yang terjadi seperti printer tidak bekerja dengan baik, lampu indikator sering berkedip dan printer sering berhenti mendadak ditengan printing.

Fungsi dari resetter printer ialah untuk mereset memory pada printer. Dengan tujuan printer akan mengosongkan memory tersebut sehingga menjadi fresh dan layaknya baru kembali.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pada umumnya, reset digunakan jika ada kendala-kendala tertentu, lantas apakah penyebab dari error printer epson itu sendiri?

Penyebab Error Printer Epson

Berbicara penyebab yang terjadi tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, selain kerusakan error dari software, bisa jadi kerusakan error pada hardware juga terjadi.

Untuk permasalahan software, biasanya ada indikator unit printer untuk kertas kosong dan innk akan berkedip secara bersamaan, atau bisa juga ada peringatan yang muncul dari PC atau laptop seperti dibawah ini:

  • Ink waste is full
  • Ink pad is at the end of its service live
  • It is nearly time to reset the ink level
  • Fatal errors
  • Service required
  • It is time to reset the ink levels

Selain permasalahan error pada software, ada juga error printer yang timbul akibat masalah pada hardware itu sendiri seperti:

  • Cartridge Bermasalah (Biasanya karena cartridge tidak original atau sudah usang)
  • Roller Bermasalah (biasanya karena umur atau macet karena kotor banyak debu)
  • Tabung Tinta (biasanya karena tinta yang sudah habis, atau saluran supply tinta tidak bagus atau terjepit)
  • Paper Jam (sisa potongan kertas yang masih menyangkut di unit printer, sehingga pergerakan cartridge macet dan tidak sesuai dengan semestinya)
  • Waste Ink Pad Bermasalah (adalah sebuah tabung pembuangan tinta, biasanya bermasalah karena umur sehingga tinta sudah banyak berkumpul, harus diganti berkala)

Dari sekian banyaknya penyebab error pada printer di atas, dan jika kamu sudah menyoba dan cek satu persatu tetapi printer masih bermasalah, ada baiknya kamu coba untuk reset printer epson menggunakan reseter epson L3110.

Download Resetter Epson L3110, L3150, L3100 dan L3001

Epson L3110 merupakan tipe printer yang masih tergolong baru, yang namanya buatan manusia, tetap ada saja kekuranganya.

Sebelum membahas cara reset epson L3110, ada baiknya kamu download resetter L3110, L3150, L3100, dan L3001pada link di bawah ini:

Perlu kamu ketahui, meskipun bernama Epson L3110 resetter, tetapi kamu bisa menggunakan software resetter tersebut pada tipe yang mirip seperti L3150, L3100 dan L3001.

Cara Reset Epson L3110 Tanpa Aplikasi

Sebelum kita memulai untuk reset epson L3110 menggunakan Epson L3110 resetter, ada baiknya kita terlebih dahulu membahas cara reset tanpa aplikasi atau software.

Karena cara ini lebih mudah dan ringkas, barangkali printermu bisa langsung sembuh dengan cara ini, berikut caranya:

  • Matikan printer, lalu cabut kabel sekitar 5menit,
  • Colok kabel daya kemudian nyalakan kembali printermu,
  • Tekan dan tahan tombol resume selama 5 detik, kemudian lepaskan,
  • Tekan dan tahan kembali tombol resume tersebut, lalu lepaskan kembali,
  • Hal tersebut akan memerintahkan printer untuk mereset ulang, tunggu hingga selesai,
  • Jika berhasil, lampu indikator kertas dan ink akan mati (tidak berkedip)

Jika kamu belum berhasil menggunakan cara tanpa sotfware, silahkan lanjut baca untuk mereset epson dengan resetter epson L3110

Cara Reset Epson L3110 dengan Resetter Epson L3110

Pastikan kamu sudah mendownload software pada link di atas, lalu lakukan installasi dengan mengikutin instruksi yang ada di folder download.

  • Jika installasi berjalan sukses, akan muncul software baru bernama Epson Adjustment Program, buka software tersebut, lalu pilih select.
  • Pada kolom model name silahkan pilih printer yang kamu miliki atau yang ingin kamu reset,
  • Pada bagian kolom Port biarkan pilihan tetap pada Auto Selection, klik OK,
  • Klik pada pilihan Particular adjustment mode, pilih waste ink pad counter, klik OK,
  • Centang pada pilihan Main pad counter dan Platen pad counter, klik initialize,
  • Proses reset epson pun sedang berjalan, tunggu hingga selesai,
  • Jika proses reset sudah selesai maka akan muncul pop up yang memerintahkan untuk mematikan printer, klik OK,
  • Nyalakan kembali printer dan cek apakah lampu indikator kertas dan ink masih berkedip atau tidak, jika tidak selamat kamu berhasil!

Jika Reset Epson L3110 Gagal

Jika semua cara telah dilakukan namun indikator ink dan kertas masih bekedip? apa yang harus dilakukan?

Jika demikian, tidak ada salahnya kamu melakukan bersih-bersih pada printermu, seperti pada bagian cartridge, roller, dan tabung ink waste, pastikan tidak ada debu yang menempel. Jika sudah bersehi sampai sebisanya kamu membersihkan, silahkan coba lakukan reset epson dengan kedua cara di atas

Namun jika masih tetap error dan mengalami kendala, mau tidak mau kamu harus membawanya ke tempat service printer, atau lembiru! yes, lempar beli baru 🙁

Akhir Kata

Dengan diterbitkannya artikel ini kami harap bisa mengatasi masalah pada printer epson yang kamu miliki, karena resetter printer ini merupakan solusi untuk mengatasi printer yang bermasalah.

Semoga download resetter epson L3110 ini bisa bermanfaat buat kamu, sehingga bisa menghemat biaya kang service yang seharunya kamu gunakan.

ilycious
ilycious

Pecinta kopi yang suka bermain game dan dunia gadget, dalam dunia blog masih bau-bau kencur, jadi masih banyak hal yang belum diketehaui. Tapi disanalah serunya ~ilycious~

Leave a Comment